Pelajari Manajemen SDM, Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia Kunjungi Karya Nusantara Optima.

Publikasi Tuesday, September 11, 2018

Selasa 11 September 2018, Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia mengunjungi Mbesali (tempat produksi) Songkok Lukis Nusantara. Mahasiswa tersebut bernama M Solahudin dan Wahyu Al Widodo Mahasiswa Semester 3 Jurusan Manajemen FEB UISI yang mendapatkan tugas Matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Alasan mereka memilih berkunjung ke Karya Nusantara Optima yaitu mereka memandang Karya Nusantara Optima sebagai sebuah UKM yang sedang berkembang dan penasaran dengan produknya yang menjadi souvenir Asian Games 2018 lalu.
 
Smart Campus UISI yang terletak di Jalan Veteran Gresik
Udin dan Wahyu memulainya dengan menanyakan Visi dan Misi Karya Nusantara Optima, “Visi kami adalah  menjadikan Songkok sebagai Identitas Bangsa Indonesia dan itu merupakan cita cita Bung Karno Sang Proklamator Republik Indonesia, maka dari itu Jargon Produk kami “The Truly Identity!” begitu jawab Cak Budi selaku Owner. Wahyu melanjutkan pertanyaan kedua “Bagaimana pengelolaan dan pengembangan karyawan di UKM ini?” Mas Chuluq Crew Karya Nusantara Optima yang mendampingi Cak Budi sore itu membantu menjawabnya, “Pengelolaannya ada pembagian bidang kerja, yang pertama bidang produksi penjahitan songkok ada Mas Didin, yang kedua bidang melukis songkok ada Mbak Novi, Mas Hanafi, Mas Dian dan dikomandani Cak Iwan, dan bidang umum seperti packing dan pengiriman produk via ekspedisi. Sedangkan untuk bidang pemasaran dan pengelolaan menjadi tanggung jawab Cak Budi”.

Untuk pengembangan karyawan dilakukan secara periodik minimal dua bulan sekali dan secara insidental jika ada training atau event yang diselenggarakan pihak pemerintah maupun swasta. “Contohnya, Training Ekspor Produk yang telah diikuti Mas Chuluk Bulan Juli lalu dan Lomba Melukis Songkok yang diikuti 3 (tiga) Crew Songkok Lukis Nusantara bulan Agustus lalu di Gedung DPRD Gresik. Dengan adanya training dan event seperti itu, diharapkan ada pengembangan kompetensi karyawan setelahnya.” Ujar Cak Budi melanjutkan penjelasannya.

Wahyu dan Udin Mahasiswa UISI foto bersama Mas Chuluq (tengah) Crew Songkok Lukis Nusantara

Kami berdiskusi dengan hangat di atas Blabak Kayu Mbesali hingga tak terasa mulai terdengar Adzan Maghrib dari musholla. Setelah semua pertanyaan terjawab, kedua mahasiswa UISI tampak lega. Mereka merasa mendapat pemahaman penyesuaian antara teori manajemen SDM secara umum yang ada di perusahaan dan pengelolaan riil yang ada di Karya Nusantara Optima yang masih dalam level UKM. Ucapan terimakasih disampaikan atas kesempatannya berkunjung di Mbesali Songkok Lukis Nusantara yang berada di Jalan Sindujoyo 98 Gresik. Cak Budi pun menyampaikan keterbukaannya apabila diperlukan diskusi lebih lanjut dan kerjasama dalam pengembangan bisnis lainnya.

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Copyright © 2017 SONGKOK LUKIS NUSANTARA - All Rights Reserved
!blog
!shop
+500
$75000
bisnis
event
nusantara
organisasi
parpol
perizinan online
ponpes
sekolah
ukm
umkm
video