Trending Topik

Motivasi Kewirausahaan Karangtaruna Gresik


GRESIK. “Jiwa dan skill entrepreneur harus kita miliki, bukan hanya untuk menjalan suatu bisnis saja namun kita terapkan dalam segala aktivitas kita.” Demikian cuplikan motivasi yang disampaikan oleh Cak Budi yang merupakan Manajer Songkok Lukis Nusantara di depan puluhan anak muda anggota Karang Taruna se Kecamatan Gresik.
Selasa, (24/07) Kasie Kesra Kecamatan Gresik Ibu Elis memfasilitasi upaya pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di Balai Kecamatan Gresik. Diawali dengan Pembinaan Karangtaruna dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik tentang strukturisasi Karangtaruna yang disampaikan oleh Ibu Yanti. Narasumber motivasi kewirausahaan kali ini adalah aktivis Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Gresik yaitu Ahmad Rahman Budiman, M.Pd “Enterpreneur berbeda dengan sekedar berdagang ataupun berjualan. Entrepreneur sejati, yakni menambah nilai suatu barang,” tutur Cak Budi.
motivasi kewirausahaan gresik



Lebih lanjut, ia memberikan beberapa contoh. Salah satunya adalah songkok. Saat dijual dalam bentuk biasa / polos, harganya masih standar. Namun setelah dimodifikasi dengan menambahkan beberapa motif dan lukisan, nilai jualnyapun berubah drastis, yakni lebih mahal.
Selain itu, pemuda yang juga pengusaha songkok  tersebut mengupas tentang inti berwirausaha, yaitu adanya kreatifitas dan komitmen. Kreatifitas melahirkan banyak ide untuk berkarya, sedangkan komitmen melahirkan daya juang dan mental baja yang harus dimiliki para pengusaha. Mengingat tantangan dalam berwirausaha sangatlah banyak.
Saat menjelaskan, Finalis Santripreneur Award tersebut menceritakan perjalanan wirausahanya sejak kecil yang penuh liku tetapi memberikan inspirasi bagi para audiens. Transfer ilmu yang dipadukan dengan pengalaman membuat suasana lebih hidup.
Di akhir sesi, motivator mengajak peserta untuk merenungi akan tanggung jawab diri terhadap kesuksesan masing-masing. Peserta dengan lantang menggelorakan semangatnya dengan berteriak “ We Are Entrepreneur,Bisa, Bisa, Bisa!” kemudian ditutup dengan tepuk tangan meriah seluruh peserta.
motivasi kewirausahaan gresik

Previous
« Prev Post

Terima kasih atas tanggapan Anda. Komentar akan segera ditampilkan setelah diverifikasi oleh Admin.